Model - Model Penelitian Tindakan Kelas

Ada beberapa model PTK yang sampai saat ini sering digunakan di dalam dunia pendidikan, di antaranya: (a) Model Kurt Lewin, (b) Model Kemmis dan Mc Taggart, (c) Model John Elliot, dan (d) Model Dave Ebbutt.
  • Model Kurt Lewin
Di depan sudah disebutnya bahwa PTK pertama kali diperkenalkan oleh Kurt Lewin pada tahun 1946. konsep inti PTK yang diperkenalkan oleh Kurt Lewin ialah bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: 1) Perencanaan ( planning), 2) aksi atau tindakan (acting), 3) Observasi (observing), dan 4)  refleksi (reflecting)   ( Lewin, 1990). Sementara itu, empat langkah  dalam satu siklus yang dikemukakan oleh Kurt Lewin  tersebut oleh Ernest T. Stringer dielaborasi lagi menjadi : 1) Perencanaan  ( planning ) , 2) pelaksaan  ( Implementing), dan  3) Penolaian (evaluating) ( Ernest, 1996) .
  • Model John Elliot
Apabila dibandingkan dua model yang sudah diutarakan di atas, yaitu Model Kurt Le win dan Kemmis-Mc Taggart, PTk Model john Elliot ini tampak lebih detail dan rinci. Dikatakan demikian, oleh karena didalam setiap siklus dimungkinkan terdiri dari beberapa aksi yaitu antara tigalima aksi ( tindakan). Sementara itu, setiap aksi kemungkinan terdiri dari beberapa langkah ( step), yang terealisasi dalam bentuk kegitan belajar-mengajar. Maksud disusunnya secara terinci pada PTK Model John Elliot ini, supaya terdapat kelancaran yang lebih tinggi antara taraf-taraf di dalam pelaksanan aksi atau proses belajar-mengajar. Selanjutnya, dijelaskan pula olehnya bahwa terincinya setiap aksi atau tindakan sehingga menjadi beberapa langkah (step) oleh karena suatu pelajaran terdiri dari beberapa subpokok bahasan atau materi pelajaran. Di dalam kenyataan praktik di lapangan setiap pokok bahasan biasanya tidak akan dapat diselesaikan dalam satu langkah, tetapi akan diselesaikan dalam beberapa rupa itulah yang menyebabkan John Elliot menyusun model PTK yang berbeda secara skematis dengan kedua model sebelumnya.





6 komentar: